Mobile Legend antara Candu dan Relaksasi bagi Mahasiswa

Main game merupakan aktivitas yang seru lo, apalagi cukup di depan layar kaca kita udah dibuat tegang dan happy. Serunya bermain game bisa merilekskan fikiran yang lagi galau atau penat karena urusan hidup. Ditambah game online yang membuat kita tidak lagi bermain sendiri melainkan bareng bersama teman, meski teman kita bermain berada di tempat yang jauh.

Ngomongin game online nih… ada game online yang lagi tenar di Indonesia bahkan asia yaitu Mobile Legend. Anak muda jaman now yang hobinya bermain game online pasti kenal dengan game ini, apalagi mahasiswa eu… egk kenal pasti dianggap jadul.

Permaian yang diterbitkan oleh Moonton (salah satu pengembang game dari cina) sangat digandrungi oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hinga orang dewasa, tak terkecuali mahasiswa. Alasannya banyak guy… Mobile legend mudah dimainkan, permainan ini simple dan ada tutorialnya ketika pertama bermain. Kedua, permaian Mobile legend dapat dimainkan di Handphone yang spesifikasinya rendah, sebab sizenya kecil kurang lebih 100 mb, tidak seperti permaianan MOBA ( Multiplayer Online Battle Arena) yang lain dimana memerlukan 500 mb hanya untuk download gamenya saja. Selain itu Mobile Lagend dimainkan dengan tim, dimana timnya ini bebas kita memilih teman yang bisa kita ajak bersama satu tim, tentunya juga bisa berdiskusi melalui chat dalam game.(baca pikiran-rakyat.com 14/1/2018).

Emang mahasiswa bisa stress dan kurang piknik ? Bisa loo.. dikala perkuliahan mulai berjalan, banyak beban tugas yang mereka dapatkan. Ditambah lagi dengan mata kuliah yang seambreg gedeg, tak jarang membuat pikiran stress. Belum lagi bagi yang ikut organisasi kemahasiswaan, kebayangkan..

Game Mobile Legend menjadi salah satu angina segar untuk mencari kesenangan. Disela-sela jam kuliah atau waktu kiranya kosong bisa dilakukan. Bermain permainan ini tidak perlu keluar banyak duit, cukup pake kuota, klu kuota habis mangkir ke warung kopi yang berwifi, kalau egk punya duit untuk beli ke warung kopi, tinggal tetring ma teman yang memiliki wifi... Hanya bermodal HP adroid bisa menjadi wahana mengasikkan guna menghilangkan kepenatan.

Permainan yang dirilis 11 Juli 2016 di china ini memang mengasikkan. Banyak mahasiswa bermain game mobile Legend sebagai sarana menghikangkan stress dan sebagai pengganti piknik dikala perkuliahan mulai berjalan. Permainan game ini juga bisa menjadi sara rekreasi yang murah dan tentunya mudah.

Permainan Mobile Legend memang mengasikkan, di balik mengasikkannya permaian ini memiliki efek yaitu kecanduan. Layaknya permainan Tracy LaQuey menyebutkan semua permainan mengharuskan ditempuhnya proses belajar sungguh-sungguh untuk mengenal tokoh, keanehan permainannya, dan peraturannya. Hampir semua permainan menimbulkan kecanduan, beberapa pemainnya dapat menghabiskan waktu berjam-jam bahkan seharian untuk bermaian game. Weleh.weleh,,

Ngomongin kecanduan game terutama game online, Soettjipto ( dalam artikel pratiwi, Prilaku adiksi Gmae Oline, 2007 hal. 3) menyebutkan kecanduan game online ini dengan Internet addictive disorder, yaitu kecanduan yang disebabkan oleh teknologi internet. Salah satu candunya ialah berlebihan bermain game atau Computer game addiction.

Apa yang diungkapkan tracy dan Soettjipto ini persis apa yang saya amati terhadap teman-teman saya yang suka bermain mobile legend. Mereka merelakan banyak waktunya untuk bermain game online, hampir setiap malam teman-teman saya meluangkan waktu malamnya bermain game baik itu di kost maupun di warung kopi, tak jarang meraka kehilangan waktu tidurnya hanya karena keasyikkan bermain game. Alhasil tak sedikit teman yang bangunnya kesiangan dan lalai terhadap perkuliahannya, ada juga yang tidur dalam kelas gara-gara malamnya bermain game.

Ada lagi nih pengalaman saya.. tepatnya saat ada tugas wawancara juragan batik. Saya sempat dibuat mangkel oleh teman satu kelompok, waktu itu ada janjian bersama narasumber. Saya disuruhnya menunggu sebentar, ketika saya ajak berangkat bilangnya sebentar-sebentar, kucoba melihat apa yang dia kerjakan ternyata bermain mobile lagend. Akhirnya waktu perjanjian itu dibatalkan lantaran terlalu molor dan narasumber kami ada acara. Gara-gara permainan ini yang menjangkit teman saya, saya jadi kena imbas gagal bertemu narasumber karena kami terlalu lama ditunnggu olehnya.

Mobile Legend sangatlah mengasikkan, permainan ini menjadi salah satu alternative untuk berekreasi dalam menghilangkan kepenatan. Namun permainan yang diunduh lebih dari 50 juta akun ini ( baca  detikinet) bisa memberikan candu bagi pemainnya. Buat mahasiswa yang kurang piknik sehingga terpaksa piknik dengan mobile legend. Gunakan mobile legend ala kadar orang yang mencari kesenangan dan cukupkanlah,, jangan sampai kalian kecanduan dan membuat berantakan kuliah looo.. Dan jangan buang waktu mahasiswa loo hanya untuk main mobile legend,,, hati-hati entar loo nyesel klu dah tahu akbibatnya…


'" ini adalah tulisan yang ditolak, karena tidak masuk dalam spesifikasi kaidah tulisan di salah satu website. Sakit sih tapi egk pa-pa, yang paling nyesek tu karena tidak terbit dan tidak segera di kembalikan dan hanya ada tambahan komen tidak sesuai dengan kaidah kepenulisan portal ini. tapi terimakasi "'

Komentar