Gaya berfilsafat



Filsafat dapat dimengerti dan dilakukan banyak cara yang berbeda, sehingga berlaku prinsip variis modis bene fit. Pertama, filsafat yang erat kaitannya dengan sastra, maksudnya sebuah karya filsafat dipandang memiliki nilai-nilai sastra yang tinggi. Contohnya Sartre selain penulis karya filsafat dia juga terkenal sebagai penulis novel, drama, scenario film. Filsuf Islam seperti M.Iqbal juga dikenal sebagai penyair
Kedua, berfilsafat berkaitan dengan sosial politik. Kaitannya, filsafat sering diidentikkan dengan praksis politik. Artinya , karya filsafat memiliki dimensi-dimensi ideology yang relevan dengan konsep Negara. Filusuf yang terkenal dalam kaitan ini ialah Karl Marx ( 1818-1883), selainnya ada Thomas Hobbes dan jean Jacques Rousseau.
Ketiga, filsafat terkait dengan metodologi. Artinya filsuf menaruh perhatian besar terhadap persoalan-persoalan metode ilmu seperti yang dilakukan oleh Descartes. Descartes menyajikan langkah-langkah motodis sebagai berikut;
  1. Hendalah kita mulai dengan meragukan segala sesuatu yang selama ini diterima sebagai suatu kebenaran
  2.  kita mulai dengan mengklasifikasikan persoalan dari hal-hal yang sederhana hingga ke hal-hal yang rumit.
  3. Mempercayai bahwa masalah dimulai dari hal-hal yang sederhana, kemudian meningkat kel hal-hal yang lebih rumit.
  4. Memeriksa kembali secara menyeluruh, siapa tahu ada yang tersisa dan terabaikan.
Keempat, filsafat berkaitan dengan analisis bahasa. Filsafat bukanlah seperangkat doktrin, melainkan suatu keguatan. Tujuan utama analisis bahasa dalam kaitan ini untuk mendapatkan klasifikasi logis tentang pemikiran. Corak berfilsafat dengan menekankan pada aktivitas analisis bahasa ini dinamakan logosentrisme. Tokoh-tokoh mazhab logosentrisme antara lain: G.E. Moore, Bertrand Russell, Ludwig John Langshaw Austin.
Kelima, berfilsafat erat kaitannya dengan menghidupkan kembali pemikiran filsafat di masa lampau. Kaitan ini filsafat mengacu pada penguasaan sejarah filsafat. Cara mempelajari filsafat dipandang baik dengan mengkaji teks filosofis dari para filsuf terdahulu.
Keenam, gaya filsafat yang cukup mendominasi pemikiran banyak orang akhir-akhir ini ialah filsafat yang berkaitan dengan tingkah laku atau etika. Etika terpandang sebagai kegiatan filsafat yang nyata, sehingga dinamakan juga praksiologis, bidang ilmu praksis.

Komentar