Bingung mencerna berita

Membaca berita tentang pembantaian rohinya. Aku dibingungkan berita yang ada di Surat kabar maupun di internet.

Kebingungan ku bergejolak ketika membaca dari berita satu maupun yang lain, mana yang benar tentang berita ini. Berita ini mengungkapkan bahwa ada pembaitan umat Islam dan karena mereka beragama Islam, di lain berita membicarakan tentang pembantaian ini karena perkara yang kompleks terkait masyarakat rohinya.

Kedua berita yang ku baca juga membawa kekuatan masing-masing. Berita tentang pembantaian karena mereka umat Islam didukung oleh ucapan seorang bikhu yang membenci Islam. Yang menyebutkan karena perkara kompleks di buktikan oleh observasi penulisannya.

Saya kebingungan dalam mencerna kebenaran yang di wartakan oleh berita, terutama berita tentang konflik di Myanmar dan menyangkut Islam di rohinya. Namun dari kedua berita yang ku baca, ada benang merahnya yaitu ada kekerasan dan pelanggaran HAM di rahire Myanmar. Akan tetapi dari berita yang beredar belum jelas secara pasti apa motif dari pelanggaran HAM tersebut.

Harapan saya segera ada titik temu dari konflik yang menyangkut umat islam rohinya. Sehingga konflik ini bisa cepat terselesaikan. Berita tentang rohinya ini rawan terjadi penggiringan opini publik, sehingga bila di biarkan perkara ini bisa menjadikan kericuhan yang lebih besar lagi.

Komentar