motivasi dari pak dosen
siang itu mata kuliah filsafat ilmu yang di tampu oleh pak naim. tanpa perkenalan dan tanpa mengabsen terlebih dahulu, dia langsung memulai perkuliahan dengan menuliskan kata filsafat ilmu dipapan tulis.
pertamanya dia mengesplor pengetahuan kami dengan menanyai segelintir tentang filsafat. mengulai pengetahuan filsafat umum di semester satu, yang membuat kami berfikir. hati terasa gemetar karena pelajarannya agak berat, sehingga banyak temen-temen agak ragu dengan jawabannnya.
awal pertemuan kuliah bersama pak naim sangat mengasikkan karena pelajaran yang banyak orang mengatakan berat itu serasa mudah diterima. penulis buku the power of writing itu juga memotifasi kami agar semangat untuk menimba ilmu. dan mengahilangi kebiasaan yang menghambat kemajuan bagi mahasiswa seperti seringnya menunda sesuatu dan meremehkan hal-hal yang dianggapnya mudah.
kami mulai semangat belajar dan kuliah. selain memotivas dan mengulas sedikit tentang filsafat, dosen periang itu memberikan tips agar kami mudah dalam memahami buku. karena kita membaca buku belum tentu apa maksud dan isi buku itu, maka dari itu dia memberikan tips sebagai berikut: pertama kita membaca buku yang kita inginkan. setelah kita membaca kemudian kita resum hal-hal yang penting, usahakan tulis pesan-pesan yang penting. langkah terakhir tulis dengan subjektif kita sendiri. namun sebelum kita menulisnya lagi, alangkah baiknya kita memiliki pertanyaan terhadap apa yang kita resum dan kita tau jawaban itu sendiri d kemudian didiskusikan bersama teman. mungkin itu kunci sukses mahasiswa yang dimaksud pak naim.

Komentar