Filsafat Ilmu


kata filsafat berasal dari bahasa yunani yaitu philosophia, philos artinya cinta, suka atau kecenderungan pada sesuatu, sedangkan Sophi artinya kebijaksanaan. jadi secara bahasa filsafat dapat di artikan cinta akan kebijaksanaan.
apabila dilihat dari definisinya filsafat, tentunya bukan sekedar cinta akan kebijaksanaan. saya berasumsi filsafat adalah sebuah sekumpulan teori dan sejarah tentang manusia dan sekitarnya yang telah dibukukan. dalam buku filsafat ilmu karya rizal dan munir,  saya mengambil satu definisi filsafat yang merupakan suatu proses kritik atau junjung tinggi pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang sangat kita kita junjung tinggi.
dalam berfilsafat memiliki ciri-ciri. cirinya menurut rizal dan munir dalam buku filsafat ilmu dianataranya:
  1. Radikal, artinya berfikir sampai keakar-akarnya.
  2. Universal, artinya filsafat merupakan pengalaman umum manusia.
  3. Konseptual, artinya ialah hasil generalisasi dan abstraksi pengalaman manusia.
  4. Koheren, artinya sesuai dengan kaidah-kaidah berfikir logis.
  5. Konsisten, artinya tidak menganduk kontrak disi.
  6. Komprehensif, artinya menjangkup atau menyeluruh
  7. sistematik, artinya pendapat yang merupakan uraian kefilsafatan itu harus saling berhubungan secara teratur dan terkandung adanya maksud dan tujuan tertentu.
  8. bebas, artinya berfikir sampai batas-batasnya.
  9. bertangguang jawab. artinya  berfikir dan bertanggung jawab atas kesalahan kami.
lain halnya ciri-cirinya, adalah gaya dari pada berfisafat itu sendiri. pertama, berfilsafat yang terkait erat denan sastra. kedua berfilsafat yang berkaitan tentang sosiologi politi. yang ketiga filsafat yang terkait dengan metologi. keempat, filsafat yang terkait pada kegiatan analisis bahasa. kelima ialah menghidupkan kembali pemikiran filsafat di masa lampau. yang terakhir dari bukunya rizal dan munir ialah filsafat yang kaitannya dengan tingkah laku atau etika.

berhubung tidak mengikuti kuliah, aku tak tau informasi apa yang beredar di kampus. alhasil ku tak tau apa tugasnya.   maka saya menuliskan resuman ini sebagai pengganti materi filsafat ilmu tp 3b





Komentar